RSS

MELATI BUNGA NASIONAL INDONESIA

Hallo gaes…


Ketemu lagi dengan saya, Shinta Ayu Maghfiroh. Oke gaes, kali ini saya akan menceritakan tentang tanaman kesukaan saya, yaitu bunga melati. Pertanyaannya, kenapa saya suka bunga melati? Karena saya suka dengan bau harumnya yang khas. Bau harumnya itu bias bikin saya jadi releks, adem, ayem.. :-D
Alasan lain saya suka bunga melati, karena bunga melati itu digunakan sebagai hiasan pada setiap adat pernikahan khususnya adat Jawa dan Sunda. Kalian pasti sering melihat begitu indahnya hiasan melati pada adat pernikahan di Indonesia. Melati telah lama dikenal sebagai bunga suci dalam tradisi Indonesia melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Ia juga melambangkan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati, karena meskipun bunga putih ini kecil dan sederhana, tetapi wanginya harum semerbak.
Melati juga punya manfaat yang sangat banyak. Contoh simplenya itu melati digunakan sebagai campuran pada pembuatan teh. Kalian juga pasti tahu sekali seperti apa aroma teh yang sudah dicampur dengan teh. Uuummm…. Nikmat rasanya, apalagi kalo diminum pagi atau sore hari dengan berbagai macam cemilan.. Ngilleer nih gaes.. Hahaa….
Tapi gaes, melati juga bisa melambangkan gugurnya pahlawan yang berkorban demi bangsa dan Negara. Bunga harum ini juga seringkali dikaitkan dengan hal-hal dengan arwah orang yang telah wafat dan kematian. Misalnya nih yaa, kalo tiba-tiba ada bau melati sekilas itu tandanya ada arwah yang lewat.. Nah lhoo kan… Hahaa….
Okke deh gaes, sekarang saya mau nanya nih, kalian tahu ga sih manfaat melati yang lainnya?


Kalo ada yang belum tahu, aku kasih sedikit info niih yaa.. Melati itu bisa digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, antiradang, merangsang keluarnya keringat (diaforetik), peluruh air seni (diuretik), melegakan sesak napas, demam dan sakit kepala, disengat lebah atau serangga lain, sakit mata, menghentikan ASI berlebihan, bengkak (karena luka terpukul), nyeri karena patah tulang, sakit gigi, flu, diare, bisul, dan masih banyak lagi gaes…
Segala manfaat tersebut bisa diperoleh dari semua bagian tanaman melati lho gaes.. Amazing banget kan?? Ya pastinya… Ciptaan Allah ya pastinya amazing.. J
Okke gaes, sekian cerita tanaman favorit saya, semoga bisa bermanfaat untuk semua pengguna internet. Maaf apabila banyak kesalahan dalam menuliskan cerita saya ini. Sampai ketemu lagi di entri selanjutnya.. J

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan sarannya.